Home » Blog » Tips Perawatan Alat Elektronik Dapur
Alat Elektronik Dapur

Berbagai kemudahan teknologi elektronik tentunya mempermudah perawatan rumah sehari-hari, tak terkecuali peralatan dapur. Dibalik kemudahannya, Anda juga harus mengetahui tips perawatan alat elektronik dapur supaya produk jadi lebih awet.

Alat elektronik yang tidak dirawat dapat mempercepat penurunan fungsi. Kalau sudah begini, Anda terpaksa harus mengeluarkan biaya perbaikan untuk service. Parahnya lagi, kalau produk sudah tidak berfungsi, Anda terpaksa harus membeli barang baru dengan harga yang tentunya tidak sedikit.

Makanya, yuk mulai lakukan perubahan dengan mengikuti tips perawatan alat elektronik dapur sehingga produk jadi lebih awet serta dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Perawatan Alat Elektronik Dapur

  1. Microwave

Selama menghabiskan waktu di rumah, memasak atau membuat kue menjadi aktivitas yang banyak digemari, terutama oleh kaum hawa. Microwave (embed dengan link SKU 1) menjadi perangkat dapur dengan teknologi baru yang dapat dimanfaatkan untuk membuat aneka masakan serta menghangatkan makanan.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar microwave tetap aman digunakan setiap hari. Seperti membersihkan secara rutin sisa masakan yang menempel di bagian dalam serta luar agar microwave tetap higienis. Sisa masakan yang dibiarkan dalam perangkat dapat berkembang menjadi bakteri, yang tentu berbahaya bagi kesehatan.

  1. Coffee Maker

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang paling digemari masyarakat Indonesia. Selain beli di kedai atau kafe, banyak juga dari mereka yang membuat kopi sendiri di rumah menggunakan coffee maker.

Seiring dengan pemakaian, mesin ini dapat menimbulkan bau tidak sedap jika jarang dibersihkan. Anda bisa menggunakan sabun cuci piring untuk membersihkan kotoran. Jika kotoran membandel, Anda bisa menggunakan cuka yang dicampur air. Namun, perhatikan dulu kualitas produk serta bahan sebelum menggunakan cara kedua.

  1. Mixer

Bagi Anda yang gemar membuat kue, mungkin sudah tidak asing dengan cara menggunakan mixer (embed dengan link SKU 3). Selain mengetahui cara menggunakannya, Anda juga perlu memahami cara merawat mixer yang tepat agar tidak mudah rusak.

Selalu cabut kabel setelah selesai digunakan. Lepas kaki mixer segera setelah digunakan, lalu rendam dengan air panas dan air sabun sampai kotoran menghilang. Sesekali, oleskan minyak pelumas agar gerak mesin bisa lebih lancar.

  1. Mesin Cuci

Aktivitas mencuci dan membersihkan pakaian, sprei, handuk, dan objek berbahan kain lainnya membutuhkan tenaga dan waktu agar kebersihan tetap terjaga. Tak ayal, mesin cuci menjadi perangkat andalan dalam membantu memudahkan pekerjaan sehari-hari.

Seiring penggunaan, Anda disarankan untuk membersihkan tabung, laci deterjen, dan filter mesin cuci secara teratur. Menjaga kebersihan perangkat berarti menjaga kualitas kebersihan dari pakaian atau objek lain yang dicuci menggunakan mesin cuci.

  1. Rice Cooker

Selain untuk menanak nasi, rice cooker dapat juga digunakan sebagai steamer (kukusan). Cara untuk merawat rice cooker agar tidak mudah rusak yakni cabut stop kontak rice cooker apabila sudah tidak digunakan.

Langkah selanjutnya, cuci panci rice cooker dengan menggunakan sabun dan bilas sampai bersih, jangan gunakan sikat untuk membersihkan panci rice cooker karena dapat merusak lapisan anti lengket. Untuk bagian luar, bersihkan dengan dengan kain lap lembut yang sudah dibasahi. Lakukan perawatan rice cooker sebulan sekali.

Itulah tips gaya kasual paling stunning. Dapatkan informasi seputar gaya hidup dan rekomendasi produk keperluan rumah tangga di AladinMall Blog. Kamu juga bisa belanja online dengan seabrek promo menarik dan harga super hemat di AladinMall.id. So, buruan download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store.

Petang ini, ada harga spesial live AladinMall di aplikasi RCTI+. Yuk, join dan belanja sepuasnya di jeda iklan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *