Home » Blog » Cara Mengolah Daging Kurban Agar Tidak Bau

Jelang Hari Raya Idul Adha, banyak orang yang bersiap-siap untuk melakukan ibadah kurban. Hal itu bisa dimulai dari niat hingga memilih hewan kurban yang sehat dan siap dibagikan kepada masyarakat. Momen Idul Adha ini banyak dimanfaatkan untuk menikmati daging qurban. Karena banyaknya orang yang mengonsumsi daging kambing dan daging sapi, kamu juga perlu mengetahui cara mengolah daging yang benar. Karena itu, berikut ini terdapat ulasan mengenai cara mengolah daging kurban agar tidak bau.

CARA MENGOLAH DAGING AGAR TIDAK BAU

Perayaan Idul Adha identik dengan masakan olahan hewan kurban seperti sapi dan kambing. Salah satu konsumsi daging yang banyak digemari ialah daging kambing meski memasaknya membutuhkan waktu yang lebih lama supaya daging empuk.Bahkan, ada tantangan tersendiri dalam memasak daging kambing. Yakni menghilangkan aroma tak sedap atau bau prengus dari daging kambing. Untuk itu, simak artikel berikut ini cara mengolah daging kurban agar tidak bau.

1. Jangan mencuci daging

Sebelum memasak daging kambing, biasanya orang mencuci daging tersebut agar bersih. Perlu kamu ketahui bahwa daging kambing yang dicuci justru bisa mempertajam bau prengus serta membuat tekstur daging menjadi keras. Untuk itu, sebaiknya kamu langsung mengolah daging dengan memasukkannya ke dalam air rebusan bumbu rempah-rempah.

2. Buang lemaknya

Selain dilarang mencuci daging kambing, tips olah daging agar tidak bau adalah membuang bagian lapisan lemak yang menempel pada daging. Ciri lemak biasanya berwarna putih. Buanglah lapisan itu sebelum kamu memasaknya meski sejatinya lemak memberikan rasa gurih pada daging.

Apalagi rasa gurih alami tersebut berbeda dengan penguat rasa buatan. Untuk mempertahankan rasa gurih daging kambing, kamu tidak perlu membuang semua lemak pada daging. Caranya, cukup kurangi sebagian saja dengan begitu bau prengus juga berkurang.

3. Beri perasan jeruk nipis dan baluri garam

Agar daging tidak bau, berilah jeruk nipis untuk menghilangkan bau. Fungsi lainnya ialah untuk membantu membunuh bakteri. Caranya, kamu cukup membalurkan perasan jeruk nipis ke seluruh daging dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.
Setelah itu, marinasi daging kambing dengan garam. Cara ini selain memberikan rasa juga dapat menghilangkan bau prengus dan amis. Caranya mudah, baluri daging dengan garam dan diamkan selama kurang lebih 60 menit. Garam yang meresap akan menetralkan bau dari darah kambing tersebut.

4. Beri parutan nanas

Agar daging tidak bau, kamu juga bisa menggunakan nanas untuk menghilangkan bau prengus dan amis pada daging kambing yang akan dimasak. Perlu diketahui bahwa nanas mengandung bromelain yang mampu menguraikan serat daging. Caranya, cukup parut satu buah nanas kemudian balurkan ke seluruh permukaan daging dan remas daging. Setelahnya, diamkan daging selama kurang lebih 30 menit.

5. Bungkus daun pepaya

Tips olah daging agar tidak bau yang selanjutnya adalah menggunakan daun pepaya. Caranya, cukup dengan membungkus dan meremas daging kambing yang akan dimasak dengan daun pepaya. Diamkanlah selama 60 menit. Selain menghilangkan bau, sari pati daun pepaya itu bisa mengempukkan daging kambing sehingga akan terasa nikmat saat dimakan.

6. Redam dengan rempah-rempah

Terakhir, tips olah daging agar tidak bau adalah dengan menggunakan rempah-rempah atau bumbu dapur seperti daun jeruk, bawang putih, dan ketumbar. Rendamlah daging kambing dengan campuran ketiga bahan tersebut selama 30 menit. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan daun jahe, serai, dan kemangi sebagai air rempah rebusan. Selanjutnya, rempah-rempah tersebut akan mengeluarkan aroma wangi yang mampu mengurai bau prengus pada daging kambing.

Hakikat Ibadah Qurban

Pada hakikatnya, semua ibadah memiliki tujuan mulia untuk mendekatkan diri dan mengingat Allah SWT yang merupakan pengorbanan. Sama halnya dengan ibadah kurban yang juga mengorbankan sesuatu untuk disembelih sebagai medium mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Perlu diingat bahwa Idul Adha dirayakan setiap 10 Dzulhijjah yang merupakan bulan terakhir dalam kalender Islam. Hari raya ini juga dijadikan sebagai peringatan hari raya kurban, karena setelah menyelesaikan salat wajib kifayah Idul Adha maka umat Islam akan berkurban atau menyembelih hewan ternak.

Untuk itu, Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 H bagi semua umat muslim yang merayakannya. Semoga ibadah yang dilaksanakan bisa semakin berkah dan bisa bersedekah daging kurban bersama-sama.

Untuk info menarik lainnya, kamu dapat mengunjungi AladinMall Blog. Selain itu, kamu juga bisa berkunjung belanja online demi memenuhi segala kebutuhanmu dengan harga super hemat hanya di AladinMall by Mister Aladin yang bisa diakses melalui AladinMall.id atau Aplikasi Mister Aladin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *