Home » Blog » Tips Jaga Kesehatan saat Cuaca Panas, Istirahat yang Cukup
Tips Jaga Kesehatan saat Cuaca Panas

Tips jaga kesehatan saat cuaca panas banyak dicari netizen, terutama saat musim kemarau seperti yang terjadi belakangan ini.

Menurut BMKG, suhu yang terpantau di beberapa wilayah di kota besar berada pada kisaran 24-36 derajat Celsius dalam sepekan terakhir. Cuaca panas terik ini diduga terjadi karena lapisan bawah atmosfer yang relatif kering.

Selain mengganggu kenyamanan saat beraktivitas di luar, cuaca panas dan terik juga rentan memicu dehidrasi, iritasi kulit, sakit kepala, gangguan penglihatan, hingga hilang kesadaran (pingsan). Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan kesehatan dan menjaga tubuh fit di tengah panasnya cuaca. Berikut tipsnya: 

Tips Jaga Kesehatan saat Cuaca Panas

Tips Jaga Kesehatan saat Cuaca Panas
Cuaca panas membuat munculnya berbagai masalah kulit. (Foto: Freepik)

1. Istirahat Cukup

Saat musim kemarau dan musim lainnya, anda dianjurkan tetap mencukupi kebutuhan waktu tidur atau istirahat dalam sehari. Pastikan mendapatkan cukup tidur malam untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Selalu perhatikan kesehatan selama musim kemarau dan penuhi asupan makanan sesuai kebutuhan tubuh.

2. Jaga Kebersihan Tangan

Musim kemarau dapat meningkatkan risiko penyakit. Frekuensi paparan debu yang tinggi membuat tangan lebih mudah terkontaminasi kuman atau bakteri penyakit. Maka, selalu cuci tangan sebelum makan dan setelah menggunakan toilet.

Mencuci tangan dianjurkan dengan sabun dan air mengalir untuk menjaga kebersihan diri. Sementara itu, disarankan mandi paling tidak dua kali dalam sehari.

3. Minumlah Banyak Air

Hal pertama yang harus kita perhatikan adalah total kebutuhan air yang perlu dicukupi setiap individu. Pastikan anda cukup terhidrasi. Minumlah air putih secara teratur, setidaknya 8 gelas sehari untuk mencegah dehidrasi. Jika Anda aktif atau berada di bawah sinar matahari, minumlah lebih banyak lagi.

Walau terkesan cukup banyak, anda tak perlu khawatir karena kebutuhan ini bisa dicukupi dengan sejumlah makanan atau minuman lainnya. Seperti sayuran bahkan buah-buahan yang memiliki kadar air tinggi di dalamnya.

4. Hindari Aktivitas di Tengah Hari

Suhu tertinggi biasanya terjadi di tengah hari. Risiko gangguan kesehatan akan berdampak lebih tinggi saat anda menjalani aktivitas harian di luar ruangan. Namun, hal tersebut perlu diminimalisasi pada musim kemarau dengan menyiasati kondisi tersebut menggunakan payung atau kain sebagai proteksi ketika keluar ruangan.

Selain itu, cobalah menghindari aktivitas berat atau berada di bawah sinar matahari langsung. Perhatikan waktu sebelum memutuskan keluar ruangan selama pukul 10.00 sampai 14.00, karena suhu pada jam tersebut sedang tinggi-tingginya.

5. Gunakan Tabir Surya

Bila terpaksa harus beraktivitas di tengah hari, kenakan pakaian pelindung dan tabir surya dengan SPF tinggi untuk melindungi kulit anda dari paparan sinar matahari yang berlebihan. Terutama bagi anda yang beraktivitas di luar ruangan.

Kulit merupakan gerbang masuk segala penyakit, salah satunya efek sinar matahari yaitu UVA dan UVB. Jadi, anda bisa meminimalisasi gangguan kesehatan dengan mengulang pemakaian tabir surya setiap dua jam sekali. Hal ini untuk memberikan proteksi maksimal walaupun beraktivitas di ruang terbuka dalam waktu lama.

6. Konsumsi Makanan Sehat

Selain memaksimalkan proteksi dari luar, anda juga perlu makan-makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan serat. Anda bisa memulai dengan mengonsumsi buah-buahan segar seperti tomat, melon, stroberi, hingga mangga.

Tips Jaga Kesehatan saat Cuaca Panas
Hindari aktivitas luar ruangan saat tengah hari. (Foto: Freepik)

Selain menghilangkan dahaga, buah tersebut juga mengandung beragam vitamin seperti A, B, dan E. Ini akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat sehingga terhindar dari berbagai ancaman penyakit.

7. Waspadai Masalah Pernapasan

Udara kering dapat memengaruhi sistem pernapasan. Peredaran debu yang tinggi menyebabkan debu lebih mudah mengiritasi, sehingga potensi mengalami gangguan kesehatan seperti infeksi saluran napas atas akan lebih mudah mengancam.

Oleh sebab itu, gunakan humidifier jika diperlukan untuk menjaga kelembapan udara di dalam rumah. Jika memungkinkan, anda bisa menggunakan kipas angin atau AC untuk menjaga udara serta suhu dalam ruangan agar tetap nyaman.

Itulah sederet tips jaga kesehatan saat cuaca panas. Dapatkan informasi seputar gaya hidup dan review produk keperluan rumah tangga di AladinMall Blog. Kamu juga bisa belanja online dengan seabrek promo menarik dan harga super hemat di AladinMall.id. So, buruan download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *