Home » Blog » Manfaat Jogging untuk Kesehatan Mental dan Kardiovaskular 
manfaat jogging untuk kesehatan

Banyak sekali manfaat jogging untuk kesehatan tubuh dan juga mental. Dengan catatan, jogging dilakukan secara rutin dan sesuai petunjuk medis. 

Jogging merupakan olahraga aerobik di antara jalan santai dan lari, dengan kecepatan di bawah 14 km per jam. 

Lalu, apa saja manfaat jogging setiap hari bagi kesehatan? Simak penjelasan ini. 

Manfaat Jogging untuk Kesehatan

1. Membantu Mengatasi Depresi

Olahraga telah lama diketahui dapat membantu mengatasi gejala depresi. Sebuah studi tahun 2018 meneliti kadar kortisol pada orang yang mencari pengobatan untuk depresi. Setelah dua belas minggu berolahraga, mereka mengalami penurunan kadar kortisol sepanjang hari. Kortisol merupakan hormon yang dilepaskan tubuh sebagai respons terhadap stres. 

manfaat jogging untuk kesehatan
Foto: Freepik

Orang yang tengah mengalami depresi dianjurkan untuk melakukan olahraga yang disukai. Jogging dapat menjadi salah satu pilihan. 

2. Baik untuk Jantung

Olahraga jogging bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, termasuk mencegah penyakit jantung. Karena saat kamu jogging, jantung benar-benar terpompa. Hal ini membantu memperkuat jantung dan pembuluh darah, serta meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh.

Sebuah studi pada tahun 2014 menemukan bahwa pelari 45 persen lebih kecil kemungkinannya meninggal karena serangan jantung daripada non-pelari. 

3. Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru

Tidak hanya bagus untuk jantung, olahraga jogging juga memiliki manfaat bagi organ paru-paru. Dengan melakukan jogging, paru-paru akan bekerja lebih keras untuk memasok oksigen tambahan yang dibutuhkan otot kamu. Alhasil, hal tersebut membantu paru-paru kamu menjadi lebih kuat.

Dibandingkan dengan seseorang yang jarang berolahraga, mereka yang rajin olahraga biasanya memiliki kemampuan yang lebih baik untuk mengekstrak oksigen dari paru-paru dan darah.

4. Terlindung dari Dampak Buruk Stres

Stres berlebihan atau jangka panjang bisa berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya dapat mengubah fungsi otak. Sebuah studi menemukan, berolahraga secara rutin dapat mencegah kamu mengalami efek merugikan dari stres. 

Studi terbaru dari Brigham Young University pun memperlihatkan bahwa tikus yang mengalami stres dan secara teratur berlari di atas roda memiliki performa serta memori yang lebih baik.

5. Menurunkan Resistensi Insulin

Resistensi insulin terjadi ketika sel-sel tubuh kamu tidak memberi respons terhadap insulin, yaitu hormon yang mengontrol kadar glukosa. Para peneliti menemukan bahwa jogging secara teratur dapat membantu menurunkan resistensi insulin. Laporan yang sama mencatat, penurunan lemak tubuh mungkin menjadi pemicu dari turunnya resistensi insulin.

6. Memperkuat Sistem Imunitas

Berikutnya, kebaikan dari jogging setiap hari adalah menguatkan respons tubuh terhadap penyakit. Kamu pun akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Selain itu, aktivitas ini merangsang sirkulasi makrofag sehingga dapat menghalau infeksi, baik itu infeksi bakteri maupun infeksi virus. Jogging secara konsisten akan membuat tubuhmu lebih bugar dan tidak mudah sakit. 

7. Menurunkan Berat Badan

Jogging secara teratur merupakan cara yang mudah untuk mencegah terjadinya kelebihan berat badan. Dikatakan bahwa jogging selama setengah jam mampu membakar sekitar 300 kalori. Tidak cuma membuat lemak terbakar, jogging secara rutin juga akan menjaga berat badan kamu tetap ideal.

8. Memperkuat Tulang Belakang 

Di antara tulang belakang, terdapat bantalan pelindung yang dinamakan diskus. Bagian ini dapat menjadi susut ketika kita bertambah umur. Kebiasaan duduk terlalu lama akan meningkatkan tekanan pada diskus seiring waktu. Sebaliknya, rutin bergerak atau beraktivitas fisik akan membuat diskus tersebut tetap fleksibel.  

Sebuah studi menemukan bahwa seorang pelari memiliki hidrasi diskus yang cenderung lebih baik. 

9. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Jogging sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang kamu. Dengan melakukan kegiatan ini, tubuh mempersiapkan tulang untuk menahan tekanan tambahan dengan memperkuat tulang dan mencegah cedera. 

Ketebalan tulang pun akan bertambah dan mencegah terjadinya masalah seperti osteoporosis, osteoarthritis, dan lain-lain. 

10. Memperlambat Penuaan

Olahraga jogging bermanfaat bagi kecantikan kulit, lho! Dengan jogging secara rutin, maka akan membuat kulit tampak lebih segar dan awet muda. Hal ini dikarenakan kulit mendapat lebih banyak oksigen dan pasokan darah.

manfaat jogging untuk kesehatan
Foto: Freepik

Agar manfaat ini lebih terasa, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya saat kamu jogging di luar. Tabir surya akan melindungi kulitmu dari efek buruk sinar matahari. 

11. Memperkuat Otot

Manfaat jogging lainnya ialah membantu tubuh menjadi lebih kencang. Sebab, kegiatan ini melibatkan otot-otot besar seperti otot paha belakang, betis, bokong, dan lain-lain.

Perlu diketahui juga bahwa setiap kali tubuh kamu bekerja lebih keras dari biasanya, misalnya saat olahraga, otot-otot tubuh akan mengalami stres fisik. Ini akan memengaruhi jaringan di otot dan membuat tubuh kamu lebih kuat.

Itulah manfaat jogging untuk kesehatan mental hingga kardiovaskular. Dapatkan informasi seputar gaya hidup dan rekomendasi produk keperluan rumah tangga di AladinMall Blog. Kamu juga bisa belanja online dengan seabrek promo menarik dan harga super hemat di AladinMall.id. So, buruan download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *