Home » Blog » Cara Menyusui yang Benar, Bayi Kenyang dan Nyaman
Cara Menyusui yang Benar

Khususnya ibu muda, harus tahu cara menyusui yang benar agar si kecil nyaman dan mendapat asupan terbaik. 

Menyusui adalah suatu proses alamiah. Namun, melakukan hal yang alamiah tidaklah selalu mudah sehingga perlu pengetahuan dan latihan yang tepat. 

Fakta menunjukkan terdapat 40 persen wanita yang tidak menyusui bayinya karena banyak yang mengalami nyeri dan pembengkakan payudara. Tidak maksimalnya proses menyusui akan berakibat kurang baik, karena isapan bayi sangat berpengaruh pada rangsangan produksi ASI selanjutnya. 

Lantas, bagaimana cara menyusui yang benar?

Cara Menyusui yang Benar

1. Pastikan Ibu dan Bayi Rileks

Sebelum menyusui, pastikan posisi kepala bayi harus lebih tinggi dibandingkan tubuhnya. Hal ini dimaksudkan agar bayi lebih mudah menelan. Ibu dapat menyangga dengan tangan ataupun mengganjal dengan bantal. Kemudian, tempatkan hidung bayi sejajar dengan puting. Hal ini akan mendorong bayi membuka mulutnya.

2. Posisikan Bayi Sedekat Mungkin ke Payudara

Posisikan tubuh bayi sedekat mungkin ke payudara. Ketika bayi mulai membuka mulutnya dan ingin menyusu, dekatkan ke payudara dan tunggu hingga mulutnya terbuka lebar dengan posisi lidah ke arah bawah.

Jika bayi belum melakukannya, ibu dapat membimbing bayi dengan dengan menyentuh lembut bagian bawah bibir bayi dengan puting susu ibu.

3. Perhatikan Pelekatan dan Pelukan yang Benar

Posisi pelekatan terbaik bayi menyusui adalah mulut bayi tidak hanya menempel pada puting, tetapi juga pada areola. Pelekatan ini merupakan salah satu syarat penting dalam cara menyusui yang benar.

Pelekatan yang baik ditandai dengan tidak adanya rasa nyeri pada ibu saat bayi menyusu dan bayi memperoleh ASI yang mencukupi. Untuk mengetahui hal ini, ibu dapat mendengarkan saat bayi menelan ASI.

4. Perhatikan Posisi Ideal Bayi

Pastikan posisi bayi ideal saat menyusu. Jika puting nyeri, lepas pelekatan dengan memasukan jari kelingking ke dalam mulut dan letakkan di antara gusinya. Gerakan ini akan membuatnya berhenti menyusu sementara Anda bisa menyesuaikan posisi bayi.

Coba lagi posisi pelekatan yang lebih baik. Setelah perlekatan sudah benar, bayi akan dapat menyusu dengan baik.

5. Perhatikan Waktu Menyusui

Perhatikan waktu bayi menyusui, baik durasi maupun intervalnya. Bayi bisa menyusu mulai dari 5 menit hingga 1 jam, tergantung kebutuhannya. Untuk bayi yang baru lahir, biasanya bayi perlu disusui setiap 2–3 jam dengan dengan waktu menyusu 10–15 menit setiap sesinya, tetapi juga bisa lebih lama.

Itulah cara mencuci botol bayi yang aman dan higienis. Dapatkan informasi seputar gaya hidup dan rekomendasi produk keperluan rumah tangga di AladinMall Blog. Kamu juga bisa belanja online dengan seabrek promo menarik dan harga super hemat di AladinMall.id. So, buruan download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *