Home » Blog » Cara Mencuci Botol Bayi yang Aman dan Higienis
Cara Mencuci Botol Bayi

Agar bayi sehat, bunda harus mengetagui cara mencuci botol bayi yang aman dan higienis. Jangan sampai alat makan bayi satu-satunya sebelum menerima MPASI ini terjangkit bakteri dan kuman jahat.

Mencuci botol bayi memang tidak boleh sembarangan. Kebersihan botol susu bayi berkaitan erat dengan kesehatannya. Bunda bisa menerapkan cara membersihkan botol susu bayi secara manual maupun menggunakan mesin pencuci. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan sterilisasi.

Membersihkan botol bayi dengan cara yang benar dapat mencegah bayi terserang berbagai jenis gangguan pencernaan, seperti diare dan muntah. Untuk itu, yuk simak cara mencuci botol bayi yang tepat supaya tetap aman dan higienis.

Cara Mencuci Botol Bayi

  1. Cuci Tangan Terlebih Dahulu

Sebelum menyentuh botol bayi, pastikan tangan bunda dalam keadaan steril. Anda bisa mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air mengalir. Gosok tangan menggunakan sabun selama kurang lebih 20 detik.

  1. Gunakan Sabun Khusus untuk Mencuci Botol Bayi

Cara mencuci botol susu bayi selanjutnya adalah dengan menggunakan sabun khusus pembersih botol dan peralatan bayi yang memiliki formula 100% food grade yang aman. Anda juga harus memilih sabun khusus mempunyai stain removal yang dapat menghilangkan sisa lemak susu yang sering menimbulkan bau pada botol bayi.

Selain itu, pilih sabun pembersih botol yang tidak terlalu banyak menghasilkan busa, karena busa biasanya menandakan bahwa sabun tersebut memiliki kandungan detergen yang tinggi. Jika tidak dibilas dengan bersih, dapat meninggalkan residu yang mungkin berbahaya untuk bayi.

  1. Pisahkan Semua Bagian Botol

Pisahkan semua bagian botol, seperti botol, dot, katup botol, dan tutup botol. Setelah itu, bilas dengan air bersih yang mengalir. Air yang digunakan bisa air hangat atau air dingin. Jika ingin melakukan sterilisasi, Anda bisa merebus botol bayi dengan air mendidih.

  1. Gunakan Sikat Khusus

Gunakan spons berbeda untuk mencuci botol dan peralatan bayi, dan jangan dicampur dengan spons yang biasa dipakai untuk mencuci peralatan rumah tangga lainnya.

Hal ini bertujuan agar spons yang khusus digunakan untuk mencuci botol tidak terkontaminasi kuman atau bakteri dari sisa mencuci peralatan rumah tangga lainnya. Mulailah bersihkan botol dari bagian paling dasarnya. Saat membersihkan dot, pastikan Anda bisa mengeluarkan air dari lubang dot untuk memastikannya sudah benar-benar bersih.

  1. Keringkan Botol dan Simpan di Tempat Aman

Setelah mengetahui cara membersihkan botol susu bayi, memahami cara penyimpanan yang baik juga tak kalah penting, lho.

Melansir laman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), bunda harus membiarkan dot bayi, botol susu, dan peralatan makan yang bersih hingga benar-benar kering sebelum disimpan.

Hal ini bertujuan untuk membantu mencegah tumbuhnya bakteri dan jamur pada barang-barang milik Si Kecil. Setelah barang benar-benar kering, kumpulkan kembali dan simpan di tempat yang bersih dan terlindungi untuk mencegah kontaminasi.

Caranya, cuci tangan terlebih dahulu. Kemudian kumpulkan dan pasang kembali bagian-bagian botol yang bersih dan kering. Lalu, tempatkan botol susu yang telah dipasang kembali dan perlengkapan makan bayi lainnya di tempat yang bersih dan terlindung, seperti di dalam lemari dapur tertutup yang hanya digunakan untuk menyimpan piring bersih.

Itulah cara mencuci botol bayi yang aman dan higienis. Dapatkan informasi seputar gaya hidup dan rekomendasi produk keperluan rumah tangga di AladinMall Blog. Kamu juga bisa belanja online dengan seabrek promo menarik dan harga super hemat di AladinMall.id. So, buruan download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store.

Petang ini, ada harga spesial live AladinMall di aplikasi RCTI+. Yuk, join dan belanja sepuasnya di jeda iklan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *