Home » Blog » 8 Cara Mengusir Lalat dari Rumah yang Paling Efektif
Cara Mengusir Lalat dari Rumah

Gunakan cara mengusir lalat dari rumah berikut ini agar keluarga sehat dan aman dari penyakit. 

Ya, lalat membawa virus, bakteri, bertelur dan buang air besar di permukaan yang menjadi tempat hinggapnya. Tak hanya itu, serangga satu ini juga dapat menyebabkan keracunan makanan, infeksi bakteri E. coli, disentri, kolera, demam tifoid, TBC dan sejumlah alergen lainnya dengan mencemari air dan makanan.

Untuk mengusir lalat, gunakan semprotan pestisida atau formula kimia yang tidak berbahaya pada manusia. Bila ragu dan takut efek negatif bahan-bahan kimia, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami.

Nah, berikut ini cara menghalau dan mengusir lalat dari rumah yang bisa kamu coba.

Cara Mengusir Lalat dari Rumah

1. Pakai plastik berisi air 

Termudah dan paling umum dipakai ibu-ibu adalah mengusir lalat dengan plastik berisi air. Anda biasa menemukan plastik tersenut di rumah makan, warung tegal atau warung kaki lima. Cara ini dianggap ampuh mengusir lalat. Air yang tergantung tersebut menghadirkan ilusi cermin, dan hal ini dianggap sebagai ancaman bagi lalat.

2. Gunakan air cuka dan sabun cuci piring

Bahan yang dibutuhkan terbilang mudah ditemukan di rumah. Anda juga tidak harus menghabiskan banyak waktu untuk membuatnya. Caranya, siapkan baskom atau mangkuk yang agak datar, kemudian isi tiga perempatnya dengan air. Teteskan lima sendok cuka sari apel ke dalam dan tambahkan juga sabun pencuci piring. Aroma air cuka sari apel ini disukai lalat, hewan pengganggu ini akan terbang ke dalamnya dan terperangkap disana. Cara ini biasa disebut dengan vinegar trap (perangkat cuka).

3. Gunakan bubuk jahe

Selain menggunakan cuka dan sabun pencuci piring, cara efektif lainnya untuk mengusir lalat bisa menggunakan bubuk jahe. Anda bisa mudah menemuinya di tukang sayur atau pun minimarket terdekat.

Tinggal campurkan saja 1 sendok bubuk jahe dengan satu gelas air. Kemudian pindahkan cairan ini ke botol semprot. Semprotkan ke bagian yang sering dilewati lalat, di area dekat tempat sampah, di dapur setelah memasak dan di sekitar ruang makan. 

4. Letakan tanaman kemangi di meja

Pengusir lalat alami tidak lain dan tidak bukan adalah tanaman kemangi. Tanaman kemangi (Ocimum basilicum) memiliki aroma yang kuat dan khas, terutama ketika daunnya digosok atau digerus. Aroma ini dapat mengusir lalat dan serangga lainnya. Tanaman kemangi adalah salah satu jenis tumbuhan yang dapat digunakan sebagai pengusir lalat secara alami dan aman.

Cara menggunakannya adalah dengan menanam tanaman kemangi di dekat jendela, pintu, atau area lain yang sering didatangi lalat. Ketika daunnya digerus atau digosok, aroma khasnya akan menyebar dan berfungsi sebagai repellent alami untuk lalat.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba meletakkan potongan daun kemangi segar di sekitar area yang sering didatangi lalat, atau menghaluskan daun kemangi dan mencampurkannya dengan air sebagai semprotan pengusir lalat. Cara satu ini juga bisa menjadi salah satu cara mengusir nyamuk di kamar atau pun ruangan lainnya di rumah 

5. Manfaatkan buah apel dan cengkeh

Cara lain yang juga efektif untuk mengusir lalat yang beterbangan dengan aman bisa manfaatkan buah apel dan cengkeh. Bau apel dan cengkeh juga tidak disukai oleh hewan pengganggu satu ini, jadi Anda bisa memanfaatkannya.

Caranya potong buah apel tiga perempat, kemudian lubangi bagian tengahnya. Taruh cengkeh di dalamnya. Kemudian letakkan di tempat datangnya lalat. Dijamin lalat pergi, ini adalah salah satu cara mengusir lalat dengan cepat. 

6. Gunakan minyak esensial atau reed diffuser 

Bahan lain yang digunakan untuk mengusir lalat adalah minyak esensial atau reed diffuser. Sebab, bau harum tidak disukai oleh lalat. Aroma lavender, misalnya, dapat mengganggu kemampuan lalat untuk mencari makanan atau tempat berkembang biak. Sehingga, mendorong mereka untuk menjauh dari area yang tercium aroma tersebut.

7. Usir dengan kulit jeruk

Lalat tidak menyukai bau kulit jeruk. Anda bisa memanfaatkannya supaya hewan ini tidak mengganggu pemandangan dan membuat penyakit. Beli buah jeruk kemudian Anda bisa memakan dagingnya. 

Sementara kulitnya, potong kecil-kecil kemudian taruh ke mangkuk kecil. Letakkan di daerah yang sering didatangi oleh lalat. Bau kulit jeruk mengganggu lalat dan membuatnya tidak mendekati area tersebut. 

8. Pakai fly trap elektronik

Ada perangkap lalat atau fly trap elektronik yang menggunakan cahaya ultraviolet (UV) atau lampu listrik untuk menarik lalat dan serangga lainnya. Ketika lalat terbang mendekat ke lampu, mereka akan tertangkap dalam perangkap atau terhisap ke dalam wadah tertutup.

Itulah cara mengusir lalat dari rumah. Dapatkan informasi seputar gaya hidup dan rekomendasi produk keperluan rumah tangga di AladinMall Blog. Kamu juga bisa belanja online dengan seabrek promo menarik dan harga super hemat di AladinMall.id. So, buruan download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *