Home » Blog » 5 Cara Menjaga Kesehatan Telinga, Pastikan Selalu Bersih
Cara menjaga kesehatan telinga.

Ketahui cara menjaga kesehatan telinga agar bebas dari kotoran dan penyakit. Jangan sampai pendengaran terganggu karena malas membersihkan telinga. 

Telinga merupakan salah satu panca indera manusia yang memiliki peran penting dalam proses pendengaran. Selain itu, telinga merupakan salah satu titik keseimbangan manusia. 

Sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan, simak cara menjaga kebersihan dan kesehatan telinga berikut ini. 

Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Cara menjaga kesehatan telinga.
Foto: Freepik

1. Membersihkan Telinga dengan Benar

Pertama sekali yang harus kamu lakukan adalah membersihkan telinga menggunakan metode yang tepat. Gunakan obat tetes telinga atau minyak zaitun terlebih dahulu untuk melunakkan kotoran di telinga. Setelah itu, biarkan kotoran telinga yang telah melunak tersebut untuk keluar dengan sendirinya.

Saat membersihkan telinga, hindarilah menggunakan cotton bud atau alat pengorek telinga lainnya karena hal tersebut justru dapat menyebabkan kotoran semakin terdorong ke bagian dalam telinga dan berisiko menyebabkan cedera telinga.

2. Tidak Menggunakan Earphone Terlalu Lama

Penggunaan earphone terlalu lama dapat meningkatkan risiko gangguan pendengaran, terlebih jika mendengarkan suara dengan volume yang terlalu keras. Batasi penggunaan earphone agar tidak lebih dari satu jam dalam sehari. Pastikan pula untuk membersihkan earphone secara rutin untuk mencegah kuman atau bakteri berkembang biak.

3. Hindari Suara yang Terlalu Bising

Lingkungan yang bising seperti pabrik atau bengkel kendaraan berisiko menurunkan kemampuan dan kualitas pendengaran seseorang. Jika terpaksa harus berada di lingkungan yang bising dan terpapar suara keras dalam jangka waktu lama, gunakan pelindung telinga (earplug) sebagai upaya menjaga kesehatan telinga.

4. Pastikan Telinga Selalu Kering

Telinga yang lembap dan basah dapat menjadi tempat bagi bakteri, jamur atau kuman patogen lainnya untuk berkembang biak. Jika dibiarkan, kondisi ini berisiko menyebabkan infeksi dan peradangan pada bagian luar maupun dalam telinga. Jagalah agar telinga selalu kering.

5. Melakukan Pemeriksaan Telinga secara Rutin

Rutin ke dokter spesialis THT-BKL untuk memeriksa kesehatan telinga adalah salah satu cara yang tak kalah penting. Pemeriksaan ini dapat dilakukan untuk mendeteksi gangguan pendengaran serta memastikan tidak ada penumpukan serumen berlebih di dalam liang telinga.

Cara menjaga kesehatan telinga.
Foto: Freepik

Untuk anak-anak, pemeriksaan telinga ini dapat dilakukan setiap enam bulan sekali. Sementara itu, pemeriksaan telinga yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah setiap satu tahun sekali.

Itulah cara menjaga kesehatan telinga agar pendengaran berfungsi dengan baik. Dapatkan informasi seputar gaya hidup dan review produk keperluan rumah tangga di AladinMall Blog. Kamu juga bisa belanja online dengan seabrek promo menarik dan harga super hemat di AladinMall.id. So, buruan download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *