Home » Blog » 5 Cara Memilih Hewan Kurban

Umat muslim di seluruh dunia akan menyambut salah satu hari besar yang diperingati setiap 10 Dzulhijjah, yaitu Hari Raya Idul Adha. Pada hari tersebut, seluruh umat Islam disunnahkan untuk berkurban. Tentu, ini menjadi momentum untuk bersedekah dengan menyembelih hewan kurban dan diberikan kepada seluruh umat Islam di setiap daerah. 

Apa Itu Kurban? 

Perlu diketahui, kurban secara harfiah mempunyai arti hewan sembelihan. Lebih lanjut, kurban merupakan ibadah menyembelih hewan ternak yang merupakan salah satu bagian dari syiar Islam yang disyariatkan dalam Al Quran.

Selain jenis hewannya, pelaksanaan ibadah kurban juga hanya dilaksanakan pada hari tertentu. Ibadah kurban dalam islam dilaksanakan sesuai pada waktu yang sudah ditentukan. Yakni, Hari Raya Idul Adha dan Hari Tasyrik (11, 12, dan 13 Dzulhijjah) yang mana bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Nah, bagi umat muslim yang akan berkurban, melakukan persiapan dalam memilih hewan tentu tak ada salahnya. Hal tersebut memiliki tujuan agar hewan yang akan kita kurbankan sehat serta sesuai dengan syariat Islam yang telah ditetapkan. Selain itu, dalam berkurban dianjurkan agar memilih hewan terbaik. 

Tips Memilih Hewan Kurban 

Secara umum, hewan yang akan dijadikan kurban haruslah halal secara Islam dan sehat. Namun, dengan banyaknya penjual hewan qurban yang ada, tentu membuat kamu sebagai orang awam bingung memilih hewan qurban yang sesuai dengan ketentuan. 

Di Indonesia sendiri, umumnya orang berkurban sapi maupun kambing. Kemudian, mereka bisa mengonsumsi daging kambing maupun sapi tersebut untuk segala macam menu masakan. Berikut 5 tips cara memilih hewan kurban yang baik. 

1. Pilih dan Pastikan Hewan Ternak 

Untuk memilih hewan kurban, umat muslim dianjurkan untuk mengkurbankan hewan ternak. Hewan ternak yang diperbolehkan, di antaranya, unta, kambing, domba, sapi, hingga kerbau. Semua hewan tersebut tentu sudah memenuhi ketentuan sebagai hewan ternak yang sehat serta layak untuk dikurbankan. 

2. Hewan Kurban Tidak Cacat 

Dalam pemilihan hewan qurban, penting bagi kamu untuk memilih hewan qurban dalam kondisi sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda sakit pada tubuhnya seperti demam, kurang nafsu makan, dan kudis maupun terdapat ekskreta (buangan) dari lubang hidung. 

Pilih hewan yang cuping hidungnya basah, tapi bukan karena flu. Selain itu, kamu perlu melihat bulu hewan ternak yang harus bersih dan mengkilap. Kamu juga perlu menanyakan tentang Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) sebagai acuan kesehatan hewan tersebut. 

3. Umur Hewan Kurban 

Umur hewan menjadi salah satu pertimbangan penting dalam memilih hewan qurban. Sebab, hewan qurban mempunyai umur yang disyaratkan berbeda-beda. Apabila kamu ingin berkurban kambing maupun domba, umur yang disyaratkan memenuhi kriteria kurban ialah yang minimal berumur 1 tahun. Kemudian, apabila kamu ingin berkurban sapi atau kerbau, umur yang masuk kriteria kurban adalah 2 tahun.

4. Hewan Kurban Proporsional 

Tips memilih hewan qurban lainnya ialah memperhatikan kondisi fisik dari hewan tersebut. Pastikan calon hewan qurban mempunyai nafsu makan yang baik, mata bersinar, bergerak aktif dan lincah, serta memiliki bulu yang bersih dan bagus. Dengan begitu, otomatis kondisi hewan akan terlihat gemuk dan sehat sehingga dagingnya baik untuk dikonsumsi bersama. 

5. Pemilihan Lokasi Pembelian Hewan Kurban 

Ada pula hal penting lainnya yang perlu kamu perhatikan dalam memilih hewan qurban. Salah satunya, pemilihan tempat dalam membeli hewan qurban. Yang wajib diperhatikan ialah jangan membeli hewan qurban yang diternak di tempat pembuangan sampah.

Hewan yang dijual di lokasi seperti itu akan berpotensi mengandung bahan berbahaya bagi tubuh. Karena itu, pilihlah hewan qurban yang diternak di lingkungan yang bersih serta jauh dari polusi udara agar hewan kurban tetap sehat dan baik untuk dikonsumsi.  

Itulah 5 Tips Memilih Hewan Qurban yang disesuaikan dengan syariat Islam yang benar. Agar kamu dan orang terdekat bisa konsumsi daging kambing maupun sapi dari hewan kurban tersebut, tips tersebut bisa dipraktikkan agar ibadah saat berkurban jadi lebih sejahtera.

Untuk info menarik lainnya, kamu dapat mengunjungi AladinMall Blog. Selain itu, kamu juga bisa berkunjung belanja online demi memenuhi segala kebutuhanmu dengan harga super hemat hanya di AladinMall by Mister Aladin yang bisa diakses melalui AladinMall.Id atau Aplikasi Mister Aladin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *